twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Kelebihan dan Kekurangan Linux

 Kelebihan linux

Dalam banyak hal linux memiliki keunggulan. Kita dapat melihatnya dari beberapa segi. Dari segi ekonomi, linux jelas ekonomis karena gratis. Dari segi teknologi tentunya juga tidak kalah dari sistem operasi lainnya, karena linux dikembangkan oleh banyak komunitas programmer sukarela dari seluruh dunia. Dari segi pendidikan, linux bersifat terbuka sehingga dapat dipelajari dan dikembangkan oleh siapapun.
Berikut kelebihan-kelebihan linux yang akan membuat kita tertarik :
  1. Bersifat Free, karena menggunakan lisensi GPL sehingga dapat didistribusaikan       secara gratis, umumnya kita tidak perlu membayar hingga semahal harga lisensi sistem operasi lainnya yang non-GPL.
  2. Lengkap dan powerful, menyediakan banyak fungsi untuk berbagai kebutuhan, misalnya membuat dokumen, mengedit teks, mengedit gambar, memainkan musik, video, internet, jaringan komputer dan sebagainya.
  3. Didukung oleh banyak komunitas seluruh dunia dalam hal dokumentasi penggunaan, troubleshooting, dan bug fix, sehingga tidak bergantung dengan perusahaan atau vendor tertentu.
  4. Lebih tahan terhadap virus. Linux berbeda dari windows dalam inti sistem       operasinya dan sistem keamanannya pun lebih kuat.
  5. Kompatibel dengan berbagai processor komputer keluaran intel (mulai dari 386 hingga intel Pentium 4), prosesor AMD, Cyrix/ibm, Motorola 68×000 dan lain sebagainya.
  6. Kemudahan penggunaan walaupun tanpa instalasi ke CPU (Live CD/USB).

Kekurangan Linux
  1. Kurang populer, karena anggapan umum bahwa linux tidak user friendly;
  2. Ketergantungan paket aplikasi yang harus di download secara manual, atau mengarahkan repository di alamat web tertentu seperti  repo.ugm.ac.id atau kambing.ui.edu;
  3. Deteksi perangkat keras yang terkadang kurang mendukung karena beberapa vendor perangkat keras yang bersifat tertutup kode sumber perangkat kerasnya.

0 komentar:

Posting Komentar